A. Latar Belakang Pembuatan blog
Blog adalah sarana yang sangat mudah digunakan untuk menulis dan
mempublikasikan apapun di internet. Dengan blog, setiap orang, termasuk guru dapat
menyampaikan segala hal dalam bentuk tulisan, gambar, dan video secara gratis.
Konten yang disampaikan tidak terbatas. Setiap orang bisa menyampaikan isi
pikiran yang sederhana seperti diari hingga menulis berita secara individu (citizen
journalisme). Citizen journalism mengacu kepada partisipasi aktif masyarakat
dalam memberikan tanggapan, hingga mempublikasikan konten, berita dan
sebagainya di media seperti menjadi blogger atau menjadi kontributor media
massa. Sebagaimana dalam buku The Encyclopedia of Journalism: A-C, Volume 1,
citizen journalism dapat didefinisikan sebagai berikut;
“...citizen journalists can be individuals making a single
contribution (a fact, correction, photo, etc.), bloggers, or professionals
editing citizen content for "professional-amateur" (pro-am) sites which
integrates the works of professional staff and citizen contributors.”1
Apapun yang dipulikasikan guru melalui blog, akan dilihat dan dibaca oleh
pengguna internet dalam hal ini siswa, yang jumlahnya sangat signifikan. Menurut
Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), dalam situs resminya
kominfo.go.id, di Indonesia sendiri, pengguna internet mencapai 82 juta orang
pada tahun 2013. Jumlah tersebut merupakan urutan terbesar ke-8 terbanyak di
dunia. Bahkan di tahun 2014, sudah menduduki urutan ke-6 dengan jumlah
pengguna internet sebanyak 83,7 juta orang. Ini merupakan perkembangan yang
sangat cepat. Sebagaimana dikutip dari kompas.com, e-marketers memperkirakan
pada tahun 2017, pengguna internet akan mencapai 112 juta orang, yaitu
menduduki peringkat ke-5 di dunia.
Untuk menggunakan blog secara optimal mencakup dua hal yang dibutuhkan untuk mengelola blog, yaitu konten dan teknik. Pertama, konten atau isi. Orang biasanya mendaftar blog, kemudian
menuliskan idenya. Namun, kebanyakan mereka berhenti mengelola blog tersebut karena kehabisan ide menulis.
Kedua, teknis. Secara teknis, blog adalah media yang mudah digunakan oleh
siapapun. Meskipun demikian, perlu materi pendukung yang memudahkan
siswa untuk menggunakannya.
B. Penegasan Istilah Blog
Teguh Wahyono dalam bukunya Blogspot, Panduan Praktis Membuat,
Mengelola, dan Mempromosikan Blog9 memamaprkan pengertian blog dan hal
hal terkait blog. Blog adalah kependekan dari Weblog. Teguh mengutip
pengertian blog menurut blogger.com, bahwa blog adalah “easy to use website”
atau website yang interaktif, yang dapat digunakan dengan mudah oleh
penggunanya, sehingga pengguna dapat melakukan manajemen isi wb tersebut
dengan mudah, dan emua dapat diperoleh dengan gratis (free).
Teguh melanjutkan, tidak ada aturan baku mengenai apa yang harus diisi
dalam blog. Pengguna bisa mengisi catatan harian, biodata, ide-ide, gagasan pribadi, foto, video, koleksi link, berita, dan lain-lain. Aktivitas blog sering
disebut dengan istilah blogging, dan orang yang melakukannya disebut blogger.
C. Tujuan dan Manfaat Pembuatan Blog
a. Tujuan
Tujuan diadakan kegiatan di atas adalah merupakan workshop proyek perubahan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) TIKOM SABAR (Tiga komponen satu lembar) dengan 6S (Semangati, Sampaikan, Semaikan, Selaraskan, Serapkan, dan Simplikasikan) melalui penguatan kinerja MGMP dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di Kota Bekasi.
Dengan adanya program tersebut kami guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuian Sosial (IPS) sepakat untuk membuat Blog sebagai tempat sosialisasi, berbagi materi ilmu dan sebagai media silaturahmi sesama guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Semoga Blog MGMP Ilmu Pengetahuan social (IPS) ini dapat memberikan manfaat bagi kami semua dan sesama teman-teman guru Ilmu Pengtahuan Sosial (IPS), dengan moto “ Semangat , Bersama, Pasti bisa”.
b. Manfaat
Manfaat yang ingin diperoleh dari pembuatan blog ini :
Ø dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan kegiatan belajar mengajar, terutama penggunaan blog secara optimal
Ø mengembangkan kemampuan tentang internet atau cyer media dan materi lain yang mendukung untuk memanfaatkan media baru kususnya blog secara maksimal
Ø sebagai wadah bagi pendidik mengembangkan kemampuan menulis penelitian, puisi, fotografi, dan karya inovatif lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar